Pungli Ratusan Juta di BPKD Siantar Dibongkar Polda Sumut, Kemana Uang Haram itu Mengalir?

Berita Terkini


Siantar, hetanews.com ““ Tiga pegawai Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD) Pemko Siantar terjaring operasi tangkap tangan (OTT) terkait pemotongan dana insentif pegawai senilai ratusan juta rupiah. Dua diantaranya berinsial EZ dan LN, keduanya merupakan ASN dan TL -tenaga harian lepas. Lantas kemana aliran dana Pungli atau kerap dikatakan uang haram, itu mengalir bila OTT tak terjadi?

Dalam giat tangkap tangan personil Subdit III/Tipikor Ditreskrimsus Polda Sumut sedikitnya diamankan uang Rp 186 juta. Tak hanya itu, petugas turut membawa beberapa dokumen terkait operasi yang digelar, Sabtu, 11 Juli 2019.

Selain EZ (Bendahara Pengeluaran), LN (staf Bidang Pendapatan) dan TL yang terjaring OTT, turut diamankan 16 orang saksi dari gedung BPKD di Jalan Merdeka yang berada bersebelahan gedung walikota.

Baca juga: OTT 3 Pegawai Dispenda Siantar Terkait Pungli Insentif Pegawai[1]

loading...

Praktisi hukum Azman Sidauruk menduga kasus itu melibatkan Kepala BKPD yang saat ini dijabat oleh AP. Dugaan itu dilatarbelakangi posisi AP selaku orang nomor wahid di BPKD ““dulu Dinas Pendapatan- yang mengelola sumber-sumber keuangan di Pemko Siantar. Mulai dari sektor pajak, parkir hingga beberapa sektor lainnya menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Ketua Kongres Advokat Indonesia (KAI) Siantar itu mengatakan bahwa segala tindak tanduk bawahan secara otomatis ada “˜restu” dari sang pimpinan. Hal ini tentu memungkinkan dengan keberadaan uang ratusan juta yang diamankan.

“Apa yang dikerjakan oleh anggota pasti tau pimpinannya. Kalau tidak tau pimpinannya, wah bahaya itu,”- ujar Azman tanpa merinci bahaya dimaksud.

Baca juga: Kantor Adiyaksa Purba Digeledah Polda Sumut Pas Lagi di Luar Kota, Terlibat Kah Pimpinan BPKAD Itu?[2]

Selain mereka yang terjaring dan barang bukti kasusnya, ruangan Kepala BPKD juga dipasang garis polisi dalam operasi tangkap tangan tersebut. Sebagaimana diwartawakan Tagar.id, ruangan AP dipasang garis polisi sejak Kamis malam.

Tonton videonya dibawah…

[embedded content]

References

  1. ^ OTT 3 Pegawai Dispenda Siantar Terkait Pungli Insentif Pegawai (www.hetanews.com)
  2. ^ Kantor Adiyaksa Purba Digeledah Polda Sumut Pas Lagi di Luar Kota, Terlibat Kah Pimpinan BPKAD Itu? (www.hetanews.com)

sumber : hetanews

powered by Surfing Waves
loading...

loading...
|
Baca Lagi
close