Peneliti Ungkap Bahaya Minum Kopi Bagi Anak-anak

Berita Terkini


Bahaya minum kopi bagi anak-anak. Photo: Net/Ist.

Berita Gaya Hidup, (Berita),- Penelitian mengenai manfaat dan efek buruk minum kopi bagi orang dewasa sudah banyak diketahui. Tapi, untuk anak-anak sampai saat ini sepertinya belum ada, padahal bukan tidak mungkin sangat berisiko.

Lantas, apa bahaya minum kopi bagi anak-anak? Perawat yang juga anggota organisasi Better Sleep Council, Terry Cralle, mengungkapkan bahwa dirinya belum menemukan alasan anak-anak harus mengkonsumsi kopi.

Bahkan, para ahli pun belum mengetahui secara pasti bagaimana kafein mempengaruhi perkembangan otak pada anak-anak atau remaja. Hingga saat ini belum jelas mengenai data berapa banyak anak-anak yang mengkonsumsi kopi.

Dikutip dari Fatherly, Rabu (12/09/2018), menurut laporan dari American Academy of Pediatrics (AAP), lebih dari 70 persen anak-anak mengkosumsi kafein setiap hari. Jumlah itu semakin meningkat seiring mereka bertambah dewasa.

Dalam penelitian yang dilakukan terhadap 4.000 anak sekolah, terungkap bahaya minum kopi bagi anak-anak, yakni mereka dua kali lebih berisiko mengalami gangguan tidur.

Meski FDA tidak punya rekomendasi resmi soal asupan kafein bagi anak-anak, namun negara Kanada sudah lebih dulu membatasi maksimal 45 mg per hari.

Bahkan AAP lebih ketat, dimana orangtua tidak diperbolehkan memberi minuman berkafein kepada anak sama sekali. Namun, ada juga sebagian ahli yang tidak terlalu khawatir soal konsumsi kopi, dibandingkan minuman berkafein lainnya. Karena kopi cenderung sangat pahit, tidak seperti minuman bersoda.

“Terus terang saya tidak menentang anak-anak minum kopi, karena rasa pahit biasanya menjauhkan anak-anak dari minuman tersebut, atau membatasi asupan mereka untuk satu atau dua kali tegukan,”- jelas Kristin Koskinen, seorang ahli gizi. (Eva/R3/HR-Online)

sumber : harapanrakyat


loading...

Baca Lagi