Pendaftaran Caleg di Kota Cimahi Sepi Peminat

Berita Terkini


CIMAHI ““ Pemilihan Legislatif 2019 di Kota Cimahi sepi peminat. Padahal, genderang perang untuk menduduki kursi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) itu telah ditabuh sejak 4 Juli 2018 lalu.

Akan tetapi, hingga Jumat (13/7) siang, tak ada satupun calon wakil rakyat yang melakukan pendaftaran ke Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Cimahi, di Jalan Pesantren.

Saat itu, yang ada di kantor hanya Ketua KPU dan Komisioner. Mereka setia menanti para Calon Legislatif (Caleg) yang hendak mendaftar. Padahal, sebagai salah satu penyambung lidah masyarakat tentunya peran Caleg sangat dibutuhkan.

Menanggapi sepinya pendaftar pada perhelatan Pileg tersebut, Komisioner KPU Kota Cimahi Sri Suasti mengatakan, kemungkinan masih banyak persyaratan yang belum terpenuhi. Sehingga, para Caleg ini sekarang masih melengkapi sejumlah persyaratannya.

“Untuk persyaratan sebenernya tidak ribet. Asal mau mengurusnya jauh hari. Agar pas hari H nya gak repot bolak balik,”- kata Sri, Jumat (13/7).

Berdasarkan Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU), dia menyebutkan sejumlah persyaratan yang harus dilengkapi para Caleg saat pendaftaran diantaranya. Dokumen syarat pencalonan harus berasal dari pengurus partai politik, dan sudah ditandatangani oleh ketua dan sekertaris partai politik, sesusai dengan tingkatan.

Kemudian, formulir model B1 untuk daftar bakal calon per Daerah Perwakilan. “B1 ini misalnya, kalau ada keterwakilan perempuan, juga harus ditandatangani sama ketua dan sekretarisnya. Yang pasti disertai dengan cap basah sebagai legalitas,”- terangnya.



sumber : pojoksatu.id


loading...

Baca Lagi